Home » , , » Dosa Hilang Bersama Balon Udara

Dosa Hilang Bersama Balon Udara

Posted by District Outdoor

districtoutdoor.club Kegiatan yang sudah menjadi tradisi di kabupaten Trenggalek yaitu menerbangkan balon udara.

Setiap tahun tepatnya di bulan syawal atau saat lebaran kupatan masyarakat Trenggalek mempunyai tradisi untuk merayakannya.

Perayaan lebaran salah satunya dengan membuat balon udara dan menerbangkanya saat hari raya kupatan atau hari raya ke tujuh.

Balon udara tersebut dibuat dengan ukuran besar ada yang mencapai 10 meter dan bermacam warnanya.

kegiatan membuat balon dan menerbangkanya di ikuti oleh anak anak, pemuda, orang tua, laki atau pun perempuan semua ikut menyaksukan acara atau kegiatan penerbangan balon udara tersebut.

Balon udara tersebut dibuat dari plastik dan di terbangkan debgan menggunakan uap yang dibuat dari perapian daun kelapa kering, kulit kelapa maupun kayu yang bisa menghasilakan uap.

Setelah balon udara terisi uap maka bandul yang dibuat dari kain berbentuk bulat dinyalakan setelah itu balon udara dilepaskan.

Diharapkan dengan lepasnya balon udara mengisyaratkan lepasnya dosa - dosa selama ini yang telah dilakukan antara sesama manusia sehingga mulai saat lebaran ini kita kembali fitri atau suci tanpa dosa.

Bagi kalian yang mempunyai teman atau keluarga yang ada di Trenggalek silahkan datang saat lebaran. Kegiatan ini bisa kalian saksikan saat lebaaran saja, kalian yang ingin menyaksikan silahkan datang ke Trenggalek.

Baca Juga


Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

IBX5A59AF9A76A20

Total Pageviews