Home » » Persekusi Adalah

Persekusi Adalah

Posted by District Outdoor


districtoutdoor.club Akhir - akhir ini kita sering mendengar adanya perlakuan dan tindakan persekusi di negara tercinta kita ini, terutama dimedia elektronik televisi banyak pemberitaan tentang persekusi.

Sebenarnya apa PERSEKUSI itu ?

Persekusi adalah perlakuan buruk atau penganiayaan secara sistematis oleh individu atau kelompok terhadap individu atau kelompok lain khususnya karena suku, agama atau pandangan politik. 

Persekusi adalah salah satu jenis kejahatan kemanusiaan yang didefinisikan di dalam Statuta Roma Mahkamah Pidana Internasional. Timbulnya penderitaan, pelecehan, penahanan, ketakutan, dan berbagai faktor lain dapat menjadi indikator munculnya persekusi, tetapi hanya penderitaan yang cukup berat yang dapat dikelompokkan sebagai persekusi.

Apa penyebab timbulnya persekusi ?

Akhir - akhir ini banyak peristiwa persekusi yang awal mulanya timbul karena adanya seseorang atau kelompok menjelek jelekan seseorang atau kelompok lain melalui media sosial.

Bagi seseorang atau kelompok yang tidak terima akan melakukan tindakan persekusi dengan tahapan pertama  pelaku menentukan target lebih dulu yang di dalamnya ada ajakan untuk mengumpulkan target, pendataan target serta upaya memviralkan target.

Yang kedua adalah tahapan berburu dengan cara  memobilisasi dengan pengumuman dan kordinasi di lapangan. Biasanya juga disertai dengan instruksi memburu target atau menggeruduk kantor dan rumah oleh massa. Diantara aksi itu ada yang disertai ancaman dan kekerasan. Sedangkan yang ketiga, melakukan  upaya meminta permintaan maaf tertulis secara paksa di atas materai lalu kembali diviralkan dengan difoto atau divideokan.

Yang terakhir, adalah tahapan mengkriminalisasikan target yang telah ditangkap dan dibawa ke Polisi untuk ditahan.  Tindakan ini menjadi suatu rangkaian yang sistematis untuk mempersekusikan seseorang yang dianggap target.



Baca Juga


Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

IBX5A59AF9A76A20

Total Pageviews